Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/99489
Title: Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Jalan Jawa Jember
Authors: YULISETIARINI, Diah
PUSPITASARI, Novi
KURNIAWAN, Esab Probo
Keywords: Merek
Harga
Kualitas Layanan
Kepuasan Konsumen
Indomaret
Issue Date: 2020
Series/Report no.: 120810201123;
Abstract: Ritel Modern digambarkan secara sederhana sebagai suatu tempat menjual barang-barang makanan atau non makanan, barang jadi atau bahan olahan, kebutuhan harian atau lainnya yang menggunakan format self service dan menjalankan sistem swalayan yaitu konsumen membayar di kasir yang telah disediakan. Saat ini banyak orang yang cukup familiar dengan istilah “pasar swalayan’. Saat ini, muncul begitu banyak format ritel modern diantaranya adalah supermarket, hypemarket, specialty store, department store dan minimarket. Ritel modern yang sedang mengalami peningkatan cukup besar dari jumlahnya yaitu minimarket. Ritel modern ini mengalami banyak peningkatan volume karena banyak pengusaha yang mendirikan minimarket daripada ritel modern yang lain dikarenakan beberapa factor yaitu tidak membutuhkan modal yang sangat besar, target pasar yang mudah dijangkau dan mudah diakses atau dikunjungi oleh pelanggan. Terdapat banyak minimarket yang sudah berdiri di Indonesia, salah satunya adalah PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Jalan Jawa Jember. Objek pada peneltian ini adalah masyarakat yang berelanja di Indomaret Jalan Jawa Jember, dengan populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sumbersari berbelanja di Indomaret Jalan Jawa Jember. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Indomaret Jalan Jawa Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, jumlah responden 100 orang juga merupakan ukuran sampel yang cukup representatif untuk mewakili seluruh populasi yang ada, pertimbangan ini didukung pendapat Roscoe dalam Sekaran (2006:160). Dalam kajian ini jumlah indicator variabel seluruhnya berjumlah 15. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda, untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung dari masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Indomaret Jalan Jawa Jember, maka dapat disimpulkan bahwa Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Indomaret Jalan Jawa Jember. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret Jalan Jawa Jember. Kualitas Layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret Jalan Jawa Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99489
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Esab Probo Kurniawan-120810201123_.pdf3.28 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools