Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96955
Title: | Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di Fakultas Keperawatan Universitas Jember |
Authors: | Ilhami, Ridlo Cahya Purwandari, Retno Afandi, Alfid Tri |
Keywords: | Student Centered Learning mahasiswa dosen |
Issue Date: | 1-Sep-2019 |
Publisher: | Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, Vol. 7, No. 2, September 2019 |
Abstract: | Proses belajar di perguruan tinggi harus diselenggarakan dengan prinsip berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning). Penerapan Student Centered Learning (SCL) memiliki beberapa indikator yang bisa berpengaruh dalam penerapan SCL. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran penerapan model pembelajaran SCL di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif eksploratif dengan teknik purposive sampling pada 26 dosen dan teknik stratified sampling pada 260 mahasiswa. Hasil menunjukkan penerapan SCL pada dosen mencapai 81,7% (dari nilai maksimal 33 dan penerapan SCL pada mahasiswa mencapai 80,19% (dari nilai maksimal 36). Hal ini memperlihatkan penerapan SCL dari segi mahasiswa dan dosen memiliki persentase ketercapaian yang baik. Nilai terendah pada dosen yaitu kondisi kelas (68,4%) dan nilai terendah pada mahasiswa yaitu bahan ajar (71%). Fasilitas yang kurang maksimal bisa berdampak terganggunya proses belajar menggunakan SCL sehingga mahasiswa dan dosen tidak memperoleh hasil yang maksimal. Institusi diharapkan dapat memperbarui koleksi buju yang dimiliki dan kondisi kelas dapat lebih dioptimalkan dengan mengurangi mumlah mahasiswa menjadi 25 mahasiswa di tiap kelas. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96955 |
Appears in Collections: | LSP-Jurnal Ilmiah Dosen |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
F. Kep_Jurnal_Alfid Tri_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT.pdf | 734.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.