Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/96955
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorIlhami, Ridlo Cahya-
dc.contributor.authorPurwandari, Retno-
dc.contributor.authorAfandi, Alfid Tri-
dc.date.accessioned2020-01-07T06:34:12Z-
dc.date.available2020-01-07T06:34:12Z-
dc.date.issued2019-09-01-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96955-
dc.description.abstractProses belajar di perguruan tinggi harus diselenggarakan dengan prinsip berpusat kepada mahasiswa (Student Centered Learning). Penerapan Student Centered Learning (SCL) memiliki beberapa indikator yang bisa berpengaruh dalam penerapan SCL. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi gambaran penerapan model pembelajaran SCL di Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif eksploratif dengan teknik purposive sampling pada 26 dosen dan teknik stratified sampling pada 260 mahasiswa. Hasil menunjukkan penerapan SCL pada dosen mencapai 81,7% (dari nilai maksimal 33 dan penerapan SCL pada mahasiswa mencapai 80,19% (dari nilai maksimal 36). Hal ini memperlihatkan penerapan SCL dari segi mahasiswa dan dosen memiliki persentase ketercapaian yang baik. Nilai terendah pada dosen yaitu kondisi kelas (68,4%) dan nilai terendah pada mahasiswa yaitu bahan ajar (71%). Fasilitas yang kurang maksimal bisa berdampak terganggunya proses belajar menggunakan SCL sehingga mahasiswa dan dosen tidak memperoleh hasil yang maksimal. Institusi diharapkan dapat memperbarui koleksi buju yang dimiliki dan kondisi kelas dapat lebih dioptimalkan dengan mengurangi mumlah mahasiswa menjadi 25 mahasiswa di tiap kelas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherDunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, Vol. 7, No. 2, September 2019en_US
dc.subjectStudent Centered Learningen_US
dc.subjectmahasiswaen_US
dc.subjectdosenen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning (SCL) di Fakultas Keperawatan Universitas Jemberen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI2310101#Ilmu Keperawatan-
dc.identifier.nidnNIDN0014038203-
dc.identifier.nidnNIDN0028039002-
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. Kep_Jurnal_Alfid Tri_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT.pdf734.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.