Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94784
Title: Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pelanggan Pt. Saluran Bintang Cemerlang Televisi Jatim
Authors: Irawan, Bambang
Sukarno, Hari
Claudya, Silvyana
Keywords: Kepuasan Pelanggan
Televisi
Series/Report no.: 130810201085;
Abstract: Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis menuntut perusahaan untuk terus berinovasi, terlebih lagi pada perusahaan jasa seperti PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM yang setiap waktu dituntut untuk terus berkembang dan mengeluarkan produk-produk baru yang berkualitas, inovatif dan bisa memberik kepuasan terhadap pelanggan selaku pemirsa. Sebagai salah satu stasiun Televisi Lokal yang bergerak dalam dunia broadcasting, PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM merupakan televisi yang dimana program acara yang ditayangkan bisa menjadi wadah bagi konten-konten lokal khususnya di daerah Kabupaten Jember dan sekitarnya. Seluruh tayangan program acara pada PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM terdiri dari lima kelompok program, yaitu: kelompok program acara Berita, Hiburan, Pendidikan, Religi, dan Olahraga. Seorang pelanggan dari PT. SBCTV JATIM juga bertindak sebagai pemirsa hal ini dikarenakan hanya orang yang bergabung dan berlangganan slauran pada PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM sajalah yang berhak dan bisa menikmati seluruh tayangan programa acara pada PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan terhadap tayangan program acara pada PT. Saluran Bintang Cemerlang Televisi JATIM. Terdapat dua puluh lima faktor-faktor yang akan diteliti diantaranya adalah berita bermuatan unsur 5W+1H, tayangan gambar yang jelas, audio yang jernih, terdapatnya muatan konten lokal, hiburan yang dikemas dengan menarik, penerapan wawasan islami dalam kehidupan sehari-hari, tayangan religi yang sesuai tuntunan al-qur’an, pendidikan yang bermuatan mendidik, pendidikan yang menghibur dan mendidik bagi anak-anak, olahraga yang berisi informasi yang akurat, performa tayangan yang memenuhi persepsi konsumen, kejelasan konsep tayangan program acara, kesesuaian harga dengan performa, harga iuran berlangganan terjangkau, wilayah jangkauan menyebar, kru yang profesional, presenter mampu menguasai program acara, informasi yang lengkap, fungsi optimal dari modulator, fungsi optimal dari booster, dan pelayanan local operator yang prima. Penelitian ini adalah penelitian ekplanatori dengan menggunakan sampel sebanyak 125 responden dengan menggunakan analisis fakto yang kemudian dilanjutkan dengan metode analisis berganda. Hasil dari penelitian ini adalah diperolehnya 6 faktor memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pad PT. SBCTV JATIM yang berasal dari 25 variabel yang diteliti.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94784
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Silvyana Claudya - 130810201085.pdf5.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools