Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/94206
Title: Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember
Authors: MASYHUD, H. M. Sulthon
FITRIYAH, Chumi Zahroul
BAWOR, Edmundus
Keywords: Metode Pembelajaran
Metode Diskusi
Media Gambar
Hasil Belajar Siswa
Issue Date: 11-Jul-2019
Publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Abstract: Penerapan Metode Diskusi Berbantun Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember; Edmundus Bawor, 150210204157; 2019: 79 halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember. Rumusan masalah yang di kemukahkan adalah; Bagaimanakah penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 7 Subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah; Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku melalui metode diskusi dengan media gambar di SDN Sumbersari 01 Jember. Melalui penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dapat mendorong siswa yang kurang aktif menyampaikan pendapatnya menjadi berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi dan juga melati keberanian siswa dalam menyampaikan idenya, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan, kemungkinan pembagian tugas kepemimpinan dan memberikan variasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas SDN Sumbersari 01 Jember, diketahui bahwa masih rendanya hasil belajar tematik di sebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain sumber belajar masih terbatas, metode, dan kurangnya media pembelajaran. Guru lebih banyak menggunakan metode konvensional, yaitu dengan cara cerama, pemberian tugas, dan juga praktek yang masih minim atau sumber ataupun mediahnya. Akibatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pra siklus 53,3% kategori cukup aktif serta dari data skor hasil belajar pra siklus sebesar 62 dengan kategori cukup baik. Subjek dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksakan pada semester genap tahun pelejaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksakan di SDN Sumbersari 01 Jember, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah mrnunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus skor rata-rata sebesar 53,3% dengan kriteria cukup aktif, meningkat menjadi 77,14% pada siklus I dengan kriteria aktif, dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kriteria sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 62 dengan kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus I skor hasil belajar siswa meningkat menajdi 78,8 dengan kriteia baik, dan pada siklus II skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,8 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember semester genap tahun pembelajaran 2018/2019. Saran untuk SDN Sumbersari 01 Jember, agarpembelajaran lebih efektif dan efesien serta menyenangkan maka guru-guru di SDN Sumbersari 01 Jember supaya menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi. Saran juga untuk peneliti lain bahwa supaya menggunakan penelitiam tindakan kelas dengan metode pembejalaran yang sejenis metode diskusi berbantuan media gambar sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya.
URI: http://repository.unej.ac.id//handle/123456789/94206
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Edmundus Bawor - 150210204157.pdf9.32 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools