Penerapan Metode Diskusi Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember
Abstract
Penerapan Metode Diskusi Berbantun Media Gambar untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tema 7 Subtema 2
Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember;
Edmundus Bawor, 150210204157; 2019: 79 halaman; Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan; Universitas Jember.
Rumusan masalah yang di kemukahkan adalah; Bagaimanakah penerapan
metode diskusi berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tema 7 Subtema 2 indahnya keragaman
budaya negeriku di SDN Sumbersari 01 Jember? Adapun tujuan penelitian ini
adalah; Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada
pembelajaran tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku melalui
metode diskusi dengan media gambar di SDN Sumbersari 01 Jember.
Melalui penerapan metode diskusi berbantuan media gambar dapat
mendorong siswa yang kurang aktif menyampaikan pendapatnya menjadi
berpartisipasi aktif dalam kegiatan diskusi dan juga melati keberanian siswa
dalam menyampaikan idenya, sehingga menciptakan suasana yang
menyenangkan, kemungkinan pembagian tugas kepemimpinan dan memberikan
variasi kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas SDN
Sumbersari 01 Jember, diketahui bahwa masih rendanya hasil belajar tematik di
sebabkan oleh beberapa faktor. Antara lain sumber belajar masih terbatas,
metode, dan kurangnya media pembelajaran. Guru lebih banyak menggunakan
metode konvensional, yaitu dengan cara cerama, pemberian tugas, dan juga
praktek yang masih minim atau sumber ataupun mediahnya. Akibatnya adalah
aktivitas dan hasil belajar siswa pra siklus 53,3% kategori cukup aktif serta dari
data skor hasil belajar pra siklus sebesar 62 dengan kategori cukup baik.
Subjek dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas IV SDN
Sumbersari 01 Jember yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 24 siswa
perempuan. Penelitian ini dilaksakan pada semester genap tahun pelejaran
2018/2019. Penelitian ini dilaksakan di SDN Sumbersari 01 Jember, Kecamatan
Sumbersari, Kabupaten Jember.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil yang di peroleh dari
penelitian ini adalah mrnunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra
siklus skor rata-rata sebesar 53,3% dengan kriteria cukup aktif, meningkat
menjadi 77,14% pada siklus I dengan kriteria aktif, dan pada siklus II meningkat
menjadi 96,42% dengan kriteria sangat aktif. Skor rata-rata hasil belajar siswa
pada pra siklus sebesar 62 dengan kriteria cukup baik, sedangkan pada siklus I
skor hasil belajar siswa meningkat menajdi 78,8 dengan kriteia baik, dan pada
siklus II skor hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,8 dengan kriteria sangat
baik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan metode diskusi
berbantuan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran tema 7 subtema 2 indahnya keragaman budaya negeriku di
SDN Sumbersari 01 Jember semester genap tahun pembelajaran 2018/2019.
Saran untuk SDN Sumbersari 01 Jember, agarpembelajaran lebih efektif dan
efesien serta menyenangkan maka guru-guru di SDN Sumbersari 01 Jember
supaya menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi. Saran juga
untuk peneliti lain bahwa supaya menggunakan penelitiam tindakan kelas dengan
metode pembejalaran yang sejenis metode diskusi berbantuan media gambar
sebagai bahan referensi penelitian selanjutnya.