Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/93419
Title: Identifikasi Modal Sosial dalam Penjualan Ternak Domba pada Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
Authors: RINIATI
LESTARI, Endah Kurnia
KHAIRIYAH, Nur Fauziyatul
Keywords: Jaringan, Kepercayaan, Nilai dan Norma,Penjualan Ternak Domba
Issue Date: 11-Oct-2019
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi modal sosial pada penjualan ternak domba dalam Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Penjualan ternak domba mengalami perubahan ketika kegiatan produksi dilakukan secara kolektifitas atau dalam kelompok. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha menggambarkan kondisi modal sosial yang terdapat pada Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri. Komponen modal sosial yang digunakan adalah kepercayaan, jaringan serta nilai dan norma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode wawancara mendalam dengan informan kunci dan informan tambahan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Jaringan dan Kepercayaan merupakan unsur utama dalam kelompok yang mampu meningkatkan penjualan ternak domba. Adanya kepercayaan mampu membentuk jaringan yang dapat memperluas skala usaha. Unsur nilai dan norma dalam kelompok melengkapi unsur jaringan dan kepercayaan agar penjualan ternak domba dapat terus ditingkatkan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi modal sosial dalam Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri memiliki peran terhadap penjualan ternak domba.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93419
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nur Fauziyatul Khairiyah - 150810101124.pdf1.02 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools