Identifikasi Modal Sosial dalam Penjualan Ternak Domba pada Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri di Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi modal sosial pada penjualan
ternak domba dalam Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri di Desa
Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Penjualan ternak domba
mengalami perubahan ketika kegiatan produksi dilakukan secara kolektifitas atau
dalam kelompok. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha menggambarkan kondisi
modal sosial yang terdapat pada Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri.
Komponen modal sosial yang digunakan adalah kepercayaan, jaringan serta nilai
dan norma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang
menggunakan metode wawancara mendalam dengan informan kunci dan
informan tambahan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan
teknik triangulasi. Jaringan dan Kepercayaan merupakan unsur utama dalam
kelompok yang mampu meningkatkan penjualan ternak domba. Adanya
kepercayaan mampu membentuk jaringan yang dapat memperluas skala usaha.
Unsur nilai dan norma dalam kelompok melengkapi unsur jaringan dan
kepercayaan agar penjualan ternak domba dapat terus ditingkatkan. Sehingga,
dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan kondisi modal
sosial dalam Kelompok Peternak Domba Bina Mandiri memiliki peran terhadap
penjualan ternak domba.