Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/92107
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Kolong Jember
Authors: Yulisetiarini, Diah
Utami, Elok Sri
FADILAH, Ghufriyah Nur
Keywords: Cafe
Kepuasan Konsumen
Issue Date: 22-Aug-2019
Series/Report no.: 160810201290;
Abstract: Cafe menjadi tempat nongkrong untuk menghilangkan rasa stres baik bagi kalangan pelajar hingga pekerja. Banyak pelaku bisnis yang mendirikan bisnis cafe, hal ini menyebabkan pelaku bisnis perlu berfikir secara inovatif dan kreatif untuk menarik para konsumen dan menimbulkan kepuasan pada konsumen. Kepuasan konsumen akan memberikan pengaruh sangat penting terhadap cafe, apabila konsumen telah merasa puas, maka konsumen akan merasa senang dan akan melakukan pembelian ulang. Cafe Kolong memiliki kemampuan untuk bersaing dengan cafe lainnya karena pelayanan yang diberikan cukup baik, harga yang ditawarkan relatif lebih murah dibanding dengan pesaing, selain itu dari segi lokasi cafe kolong memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan cafe-cafe pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada cafe kolong Jember. Peneltian ini menggunakan metode penelitian explanatory research. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua konsumen Cafe Kolong Jember. Sampel pada penelitian ini berjumlah 112 responden yang diambil dengan teknik nonprobability sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda pada program SPSS. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis pertama H1 menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,002. Hubungan yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Kualitas Pelayanan maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H1 diterima). 2) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis kedua H2 menunjukkan bahwa Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,002. Hubungan yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Harga maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H2 diterima). 3) Hasil analisis regresi berganda pada Uji t terhadap hipotesis ketiga H3 menunjukkan bahwa Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen dengan melihat taraf signifikansinya yaitu sebesar 0,000. Hubungan yang ditunjukkan oleh koefisien regresi adalah positif artinya semakin baik Lokasi maka Kepuasan Konsumen akan semakin meningkat (H3 diterima). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa 1). Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen 2). Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen 3). Lokasi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92107
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ghufriyah Nur Fadilah - 160810201290.pdf2.98 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools