Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/88920
Title: Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Membeli Melalui Kepercayaan Konsumen Swiwings Chicken Jember
Authors: IMAM, Suroso
LILIK, Farida
JULIAN, Jatiwinoto
Keywords: industri elektronik
ilmu pengetahuan
Teknologi
produk
media sosial.
viral marketing
Viral marketing
sistem pemasaran
sistem penjualan
networking
Viral marketing
Issue Date: 4-Dec-2018
Series/Report no.: 140810201007;
Abstract: Perkembangan industri elektronik di Indonesia berkembang setiap tahunnya seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak dari perkembangan tersebut perusahaan dituntut untuk merancang strategi jangka panjangan maupun jangka pendek khususnya dalam bidang pemasaran. Banyak perusahaan menggunakan teknologi dalam memasarkan produknya seperti menggunakan media sosial. Cara ini dapat disebut sebagai viral marketing. Viral marketing adalah sistem pemasaran atau lebih tepatnya sistem penjualan yang berusaha untuk mengeluarkan biaya sesedikit mungkin tetapi mengharapkan keuntungan yang maksimal dengan jumlah konsumen yang terus meningkat dan loyal dengan menggunakan sistem networking. Viral marketing meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk. Memutuskan membeli memerlukan beberapa pertimbangan karena hal ini akan berdampak pada kepuasan yang akan mereka peroleh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing terhadap keputusan membeli melalui kepercayaan konsumen sebagai intervening konsumen Swiwings Chichken Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Data primer tersebut diperoleh dari hasil jawaban kuesioner pada 110 responden yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria dari purposif sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki akun Instagram dan telah melakukan pembelian di Swiwing Chicken Jember kemudian memposting pada akun Instagram pribadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stuctural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan analisis hasil studi dan pembahasan tentang pengaruh viral merketing terhadap keputusan membeli melalui kepercayaan konsumen produk Swiwings Chicken Jember, maka dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1) Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan konsumen produk Swiwings Chicken Jember 2) Viral marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli Swiwings Chicken Jember 3) Kepercayaan konsumen berpengaruh terhadap keputusan membeli Swiwings Chicken Jember. Swiwiwngs Chicken Jember harus mempertahankan strategi viral marketing agar perusahaan tetap menjadi perbincangan konsumen di sosial media dan pasar terus berkembang, dengan cara terus membuat konten yang menarik pada Instagram @swiwings.jbr. Dan Swiwings Chicken Jember harus terus menjaga kepercayaan konsumen yaitu dengan menjaga kualitas produk serta kesesuaian produk yang diunggah dengan produk aslinya.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88920
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Julian Jatiwinoto - 140810201007.pdf-.pdf2.69 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools