Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85266
Title: Pembelajaran Perilaku Profesional dalam Pendidikan Profesi
Authors: Sudarmanto, Yohanes
Keywords: perilaku profeslonal
pendidikan profesi
guided reflection
pengembangan pembelajaran terstruktur
Issue Date: 10-Apr-2018
Abstract: Perilaku profesional merupakan perwujudan standar dan nilai-nilai sebuah praktik profesi profesional yang berfungsi sebagal Identitas dasar bagl seorang dokter untuk menjalankan profeslnya. Sampai saat Inl pengintegrasian pembelajaran perilaku profesional secara ekspllsit, formal, dan terstruktur pada pendidikan profesi masih menjadi sebuah tantangan bagi institusi pendidikan dokter. Hal tersebut sungguh disayangkan oleh karena tahap pendidikan profesi merupakan fase yang penting dalam proses akuisisi kompetensi profesionalisme bagi mahasiswa. Pembelajaran terstruktur kompetensi perilaku profesional pada pendidikan profesi dlkembangkan dengan meruluk pada teori model pendidikan klinik, menggunakan berbagal metode dengan memperhatikan komposisisesl pembelajaran yang bersifat didactic dan experiential. Metode guided reflection diyakini dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran terstruktur karenakesesuaiannyadenganmodel teorl pendidlkan profesi. Hal-hal penting untuk diperhatikan dalam pengembanganpembelajaran perilaku profesional adalah setting expectation, providing experience, evaluation of outcome, continuity, dan institutional support.
Description: Jurnal Kedokteran Mulawarman (JKM), Volume'4/'Nomor'01/'Maret/'2018'
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85266
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. K_Jurnal_Yohanes S_Pembelajaran Perilaku.pdf2.41 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.