Pembelajaran Perilaku Profesional dalam Pendidikan Profesi
Abstract
Perilaku profesional merupakan perwujudan standar dan nilai-nilai sebuah praktik profesi profesional yang
berfungsi sebagal Identitas dasar bagl seorang dokter untuk menjalankan profeslnya. Sampai saat Inl
pengintegrasian pembelajaran perilaku profesional secara ekspllsit, formal, dan terstruktur pada pendidikan
profesi masih menjadi sebuah tantangan bagi institusi pendidikan dokter. Hal tersebut sungguh disayangkan oleh
karena tahap pendidikan profesi merupakan fase yang penting dalam proses akuisisi kompetensi profesionalisme
bagi mahasiswa. Pembelajaran terstruktur kompetensi perilaku profesional pada pendidikan profesi
dlkembangkan dengan meruluk pada teori model pendidikan klinik, menggunakan berbagal metode dengan
memperhatikan komposisisesl pembelajaran yang bersifat didactic dan experiential. Metode guided reflection
diyakini dapat menjadi salah satu alternatif metode pembelajaran terstruktur karenakesesuaiannyadenganmodel
teorl pendidlkan profesi. Hal-hal penting untuk diperhatikan dalam pengembanganpembelajaran perilaku
profesional adalah setting expectation, providing experience, evaluation of outcome, continuity, dan institutional
support.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]