Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/85252
Title: | ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS |
Authors: | Bachtiar, Rayendra Wahyu Maryani Wardani, Debby Kusuma |
Keywords: | Materi Fluida |
Issue Date: | 6-Apr-2018 |
Abstract: | Pembelajaran fisika bertujuan membekali siswa berupa pengetahuan, pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan erat dengan penilaian hasil belajar. Siswa yang mampu menyelesaikan masalah (soal tes) dengan baik, akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Kemampuan pemecahan masalah memiliki kedudukan penting dalam pembelajaran fisika. Kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan rubrik yang dikembangkan oleh Heller dan Docktor ada beberapa indikator yaitu, mengorganisasi informasi dari situasi masalah baik secara simbolik maupun visual (useful description), memilih konsep dan prinsip fisika yang tepat dari masalah yang diberikan (physics approach), mengarah pada pendekatan fisika yang diambil pada kondisi khusus masalah yang diberikan (specific application of physics), mengikuti aturan dan prosedur matematis yang tepat (mathematical procedure), mengarah pada perkembangan solusi yang logis, koheren, fokus pada tujuan, dan konsisten (logical progression). Proses individu dalam memecahkan masalah tentu berbeda – beda sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang mereka miliki. Dreyfus & Dreyfus menyatakan terdapat lima tahapan keahlian seseorang dari seorang novice (pemula) menjadi expert (ahli). Adapun tahapan tersebut diantaranya adalah novice (pemula), advance beginner (pemula tingkat lanjut), competent (kompeten), proficient (mahir/cakap), dan expert (ahli). |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85252 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Debby KusumaWardani - 110210102081.pdf SDH.pdf | 1.19 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools