Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/81698
Title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Alat Peragapeta dan Globe Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Peta dan Komponennya Di Kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember
Authors: RAHAYU, Rahayu
Wihanda, Yulia
Keywords: KOOPERATIF NHT
HASIL BELAJAR
PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Issue Date: 12-Sep-2017
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumbersari 01 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember . Subjek pada penelitian ini berjumlah 75 siswa yang terdiri atas 38 siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol dan 37 siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pola kuasi eksperimental tipe pre-test post-test control group design.Pengumpulan datapenelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan pre-test post-test yang dilaksanakan dua kali yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selisih skor pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 10,49 dan kelas kontrol adalah 7,11. Hasil tersebut dihitung dengan uji-t dan diperoleh hasil t-hitung menggunakan SPSS 16.00 sebesar 2,97. Berdasarkan hasil tersebut berani t-hitung > t- tabel (2,97>2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember yang diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe memperoleh hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diberikan pembelajaran tanpa menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga. Hal ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang terjadi setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantuan alat peraga peta dan globe terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Sumbersari 01 Jember.
Description: Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, Vol 5, No. 1, Januari 2017
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/81698
ISSN: 2085-7519
Appears in Collections:LSP-Jurnal Ilmiah Dosen

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
F. KIP_Jurnal_Rahayu_Pengaruh Penerapan Model.pdf250.64 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.