Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/73854
Title: Profil Fisiko Kimia, Sensoris dan preferensi konsumen puding tahu
Authors: Subagio, Achmad
Novijanto, Noer
Yuwanti, Sih
HUDA, ALEK MIFTAHUL
Keywords: Fisiko Kimia
Sensoris
Puding tahu
Issue Date: 11-May-2016
Abstract: Puding merupakan bahan makanan pencuci mulut yang diolah dari rumput laut, sedangkan tahu merupakan salah saru produk olahan kedelai yang kaya akan kandungan protein. Dari kedua jenis produk tersebut dapat diolah produk inovasi berupa puding tahu. Sebagai produk baru maka harus diketahui profil puding tahu dan dilakukan kajian mengenai penerimaannya oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui proftl puding tabu (2) mengetahui perbedatan antara dua produk puding tahu yang dibuat (3) mengetahui sejauh mana penerimaan konsumen (4) mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi perilaku konsumen. Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, mengamati profil puding tabu ydng meliputi sifat fisik, kimia dan sensoris. Tahap kedua yaitu penelitian preferensi konsumen menggunakan mctodc kuisioner yang disebarkan secara acak. Pengujian menggunakan metode analisis deskripti[ t-test, dan analisis chi-kuadrat. Analisis t-test digunakan untuk meuganalisis uji hedonik. Sedangkan data-data kuisioner dianalisis dengan menggunakan uji Chi-kuadrat. Hasil penelitian profil puding tabu dengan suhu penggumpalan curd 40° C menunjukkan kadar air 90,69%. kadar abu 0,48%, kadar protein 4,33%, kadar lcmak 1,06o/o. kadar scrat 2,24o/o. kadar pati 1,19% dan tekstur 18.3 grn mm. Profil puding tabu dengan suhu pengumpalan curd 8ft C' menunjukan kadar air 89,08%, kadar abu 0,52%, kadar protein 5.21 %. kadar lemak l.l8"/o, kadar serc11 2,36%, kadarpati 1,23% dan tekstur 23,4 grnmm. Sifat-sifat produk (aroma. rdSS, warna, tekstur dan keseluruhan) puding tabu yang dihasilkan oleb paneis setengah terlatih dan panelis konsumen menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata. Uji korelasi dengan Chi-kuadrat temyata ada korelasi. antara pendapatan dengan pemilihan jenis puding, sedangkan untuk faktor frekwensi pembelian puding, dan pendapat mengenai harga yang layak tidak ada korelasi antara pendapatan. Hasil analisa juga menunjukkan korelasi antaar ketersediaan kulkas dengan kebiasaan pembelian dan penyimpanan puding.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73854
Appears in Collections:UT-Faculty of Agricultural Technology

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Alek Miftahul Huda 981710101090_.pdf5.77 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools