Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/71316
Title: PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JEMBER
Authors: Dimyati, Mohamad
Wahyono, Hadi
TYAS, NUR ARINDANING
Keywords: Strategi Pemasaran
Issue Date: 13-Jan-2016
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Department Store Jember untuk menghadapi dan memenangkan persaingan dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities and Threats), yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Matahari Departement Store Jember sebagai dasar penentuan strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Departement Store Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dan menggunakan metode analisis SWOT, maka akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Matahari Department Store, dengan demikian dapat ditentukan penggunaan strategi pada Matahari Department Store Jember. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan internal perusahaan yaitu pimpinan serta karyawan Matahari Department Store Jember dan dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 55 responden, yang terdiri dari 5 responden berasal dari internal perusahaan yaitu manajer; asisten manajer; supervisor; koordinator; pramuniaga Matahari Department Store Jember, dan 50 responden berasal dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang paling tepat dan yang perlu diambil oleh Matahari Department Store Jember adalah Strategi Differensiasi (Differentation Stratgy), yaitu menitikberatkan pada membangun persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, merk, teknologi, jaringan distribusi, image, dan pelayanan. Perusahaan dapat menetapkan harga tinggi akan tetapi harus bisa menciptakan produk yang bagi konsumen tampak berbeda (lebih unggul/bermerk) daripada produk lain yang sudah ada sehingga tampak unik (different), untuk mempertahankan kinerja perusahaan, sebaiknya Matahari Department Store Jember perlu memperbaiki strategi pemasaran perusahaan dan semakin jeli dalam memperhatikan kondisi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, karena dalam penentuan strategi pemasaran pengidentifikasian terhadap lingkungan mutlak untuk dilakukan.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71316
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
NUR ARINDANING TYAS -1.pdf1.23 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools