• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    NUR ARINDANING TYAS -1.pdf (1.203Mb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    TYAS, NUR ARINDANING
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah menentukan alternatif strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Department Store Jember untuk menghadapi dan memenangkan persaingan dengan perusahaan ritel sejenis lainnya. Metode analisis data dalam penelitian ini, menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities and Threats), yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Matahari Departement Store Jember sebagai dasar penentuan strategi pemasaran yang tepat bagi Matahari Departement Store Jember. Berdasarkan data yang telah diperoleh dan menggunakan metode analisis SWOT, maka akan diketahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada Matahari Department Store, dengan demikian dapat ditentukan penggunaan strategi pada Matahari Department Store Jember. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lingkungan internal perusahaan yaitu pimpinan serta karyawan Matahari Department Store Jember dan dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 55 responden, yang terdiri dari 5 responden berasal dari internal perusahaan yaitu manajer; asisten manajer; supervisor; koordinator; pramuniaga Matahari Department Store Jember, dan 50 responden berasal dari eksternal perusahaan yaitu para konsumen Matahari Department Store Jember. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang paling tepat dan yang perlu diambil oleh Matahari Department Store Jember adalah Strategi Differensiasi (Differentation Stratgy), yaitu menitikberatkan pada membangun persepsi pembeli akan keunggulan kualitas, desain produk, merk, teknologi, jaringan distribusi, image, dan pelayanan. Perusahaan dapat menetapkan harga tinggi akan tetapi harus bisa menciptakan produk yang bagi konsumen tampak berbeda (lebih unggul/bermerk) daripada produk lain yang sudah ada sehingga tampak unik (different), untuk mempertahankan kinerja perusahaan, sebaiknya Matahari Department Store Jember perlu memperbaiki strategi pemasaran perusahaan dan semakin jeli dalam memperhatikan kondisi lingkungan internal maupun eksternal perusahaan, karena dalam penentuan strategi pemasaran pengidentifikasian terhadap lingkungan mutlak untuk dilakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71316
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository