Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/68702
Title: Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Pada Perusahaan Tenun Elresas Di Lamongan
Authors: Dwipayana, IKM
Subagio, N. Ari
Mudjtahida, Nikmatul
Keywords: Efisiensi Biaya Pemasaran
Perusahaan Tenun Elresas
Issue Date: 26-Dec-2015
Abstract: Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk rnengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran dalam mencapai tingkat profit yang tinggi bagi perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Tenun Elresas yang berlokasi di Lamongan, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tikar lipat dengan tiga ukuran, yaitu ukuran 3x2 m, ukuran 2x2 m, ukuran 2x1,5 m, dimana waktu penelitian dimulai dan dilaksanakan pada bulan Maret 2002. Penelitian ini menggunakan alat analisis metode efisiensi biaya pemasaran, dengan membandingkan laba kotor dan biaya pemasaran yang terjadi dikalikan seratus persen. Laba kotor dapat diketahui dengan menghitung volume penjualan serta biaya-biaya yang terjadi. Sedangkan biaya pemasaran merupakan biaya yang dikeluarkan selama produk selesai diproduksi hingga barang siap dijual dan menghasilkan uang kembali. Rancangan penelitian ini adalah metode survei, yaitu mengumpulkan data sekunder yang meliputi data data-data historis perusahaan selama kurun waktu lima tahun, mulai tahun l997 sampai dengan tahun 2001, yang diperoleh dengan dua metode pengumpulan data, yaitu: interview (wawancara) dengan pihak perusahaan (Pimpinan Umum) dan studi kepustakaan (membaca buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini). Berdasarkan perhitungan dalam analisis data, diketahui rencana penjualan yang akan datang mengalam peningkatan dari tahun sebelumnya, hal ini juga menyebabkan laba bersih perusahaan pada tahun yang akan datang juga mengalami peningkatan. Dari perhitungan metode analisis efisiensi biaya pemasaran, bahwa roduk yang mempunyai tingkat efisiensi paling tinggi yaitu produk yang mempunyai tingkat penjualan yang tinggi pula dengan biaya pemasaran yang minim. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimal maka perusahaan harus meningkatkan volume penjualan dengan menekan biaya pemasaran yang seminimal mungkin.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68702
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Nikmatul Mudjtahida 980810201239.pdf48.15 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools