• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Efisiensi Biaya Pemasaran Pada Perusahaan Tenun Elresas Di Lamongan

    Thumbnail
    View/Open
    Nikmatul Mudjtahida 980810201239.pdf (47.01Mb)
    Date
    2015-12-26
    Author
    Mudjtahida, Nikmatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk rnengetahui tingkat efisiensi biaya pemasaran dalam mencapai tingkat profit yang tinggi bagi perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Tenun Elresas yang berlokasi di Lamongan, yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan tikar lipat dengan tiga ukuran, yaitu ukuran 3x2 m, ukuran 2x2 m, ukuran 2x1,5 m, dimana waktu penelitian dimulai dan dilaksanakan pada bulan Maret 2002. Penelitian ini menggunakan alat analisis metode efisiensi biaya pemasaran, dengan membandingkan laba kotor dan biaya pemasaran yang terjadi dikalikan seratus persen. Laba kotor dapat diketahui dengan menghitung volume penjualan serta biaya-biaya yang terjadi. Sedangkan biaya pemasaran merupakan biaya yang dikeluarkan selama produk selesai diproduksi hingga barang siap dijual dan menghasilkan uang kembali. Rancangan penelitian ini adalah metode survei, yaitu mengumpulkan data sekunder yang meliputi data data-data historis perusahaan selama kurun waktu lima tahun, mulai tahun l997 sampai dengan tahun 2001, yang diperoleh dengan dua metode pengumpulan data, yaitu: interview (wawancara) dengan pihak perusahaan (Pimpinan Umum) dan studi kepustakaan (membaca buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini). Berdasarkan perhitungan dalam analisis data, diketahui rencana penjualan yang akan datang mengalam peningkatan dari tahun sebelumnya, hal ini juga menyebabkan laba bersih perusahaan pada tahun yang akan datang juga mengalami peningkatan. Dari perhitungan metode analisis efisiensi biaya pemasaran, bahwa roduk yang mempunyai tingkat efisiensi paling tinggi yaitu produk yang mempunyai tingkat penjualan yang tinggi pula dengan biaya pemasaran yang minim. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa untuk mencapai tingkat efisiensi yang optimal maka perusahaan harus meningkatkan volume penjualan dengan menekan biaya pemasaran yang seminimal mungkin.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68702
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12424]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository