Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/65404
Title: PENJADUALAN PERKULIAHAN BERDASARKAN MINIMISASI KETIDAKSUKAAN TENAGA PENDIDIK DENGAN METODE INTEGER LINEAR PROGRAMMING PADA PROGRAM STUDI S1 ILMU EKONOMI DAN STUDI PEMBANGUNAN (IESP) UNIVERSITAS JEMBER
Authors: Pudjo, Didik
Bambang, Eka
Wahyuni, Siti
Keywords: Penjadualan perkuliahan
Integer Linear Programming
Issue Date: 1-Dec-2015
Abstract: satu ( S1). Salah satu program strata satu di FE-UNEJ yaitu Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) yang merupakan jenjang pendidikan gelar Sarjana Ekonomi (SE) yang dapat ditempuh selama 8 ( Delapan ) semester. Perkuliahan Jurusan IESP dimulai dari hari senin sampai dengan hari sabtu, dan terbagi atas enam sesi yaitu dari sesi 1 (pukul 05.30-08.00) sampai dengan sesi 6 (pukul 18.30-21.00), dengan menempati 26 ruangan. Penjadualan perkuliahan dalam penelitian ini menggunakan metode integer linear programming. Penjadualan dalam penelitian ini dibatasi untuk tenaga pendidik jurusan IESP yang mengajar matakuliah jurusan IESP pada semester genap. Fungsi tujuan dalam penelitian ini adalah meminimalkan ketidaksukaan tenaga pendidik terhadap waktu perkuliahan. Fungsi kendala dalam penelitian ini antara lain; a) Fungsi kendala untuk tenaga pendidik yang dibagi menjadi 3 yaitu: 1) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadap matakuliah agar penjadualan setiap matakuliah tepat pada satu waktu penjadualan.2) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadap matakuliah agar penjadualan tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah, penjadualannya tidak saling bentrok.3) Fungsi kendala penjadualan tenaga pendidik terhadapa waktu perkuliahan agar penjadualan tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah tidak boleh berurutan waktunya. b) Fungsi kendala untuk penjadualan matakuliah terhadapa waktu perkuliahan agar penjadualan matakuliah dalam satu semester tidak saling bentrok. Hasil penelitian dengan menggunakan integer linear programming yaitu; Fungsi tujuan dan fungsi kendala dalam penjadualan dapat dirumuskan sehingga didapatkan solusi optimal berupa 44 penjadualan dalam seminggu, tanpa ada penjadualan yang bentrok maupun berurutan bagi tenaga pendidik yang mengampu lebih dari satu matakuliah, dan tidak ada penjadualan yang bentrok antara matakuliah pada semester yang sama. Analisis sentivitas menunjukkan bahwa perubahan preverensi waktu kuliah bagi setiap tenaga pendidik sangat berpengaruh terhadap solusi optimal, sehingga jika ada perubahan preferensi waktu kuliah maka penjadualan harus dilakukan kembali.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65404
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siti Wahyuni - 100810201242.pdf1.39 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools