Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63201
Title: | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK |
Authors: | Fandu Dyangga Pradeta, Pradeta Nurul Umamah, Umamah Sumarno |
Keywords: | metode pembelajaran Active Knowledge Sharing Kreativitas Peserta Didik Hasil Belajar Sejarah |
Issue Date: | 2014 |
Publisher: | UNEJ |
Abstract: | Paradigma baru dalam pembelajaran pada kurikulum 2013, mengharapkan pendidik mampu bersikap interaktif dalam proses pembelajaran sebagai fasilitator dan mediator bagi peserta didik. Tujuan pengembangan dari kurikulum 2013 adalah menciptakan peserta didik yang lebih kreatif, produktif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Masalah yang terjadi dalam pengembangan pembelajaran sejarah yang diterapkan di kelas adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang sesuai. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama sebagai media penyampaian materi pembelajaran. Melihat dari kondisi yang terjadi, peserta didik cenderung pasif dan bosan dalam proses pembelajaran. Hal ini akan mempengaruhi rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan rendahnya kreativitas dan hasil belajar peserta didik adalah menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah Indonesia menggunakan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Agustus sampai bulan September 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian kretivitas peserta didik secara klasikal pada pra siklus sebesar 51,71% meningkat 10.28% ke siklus 1 sebesar 57,03% dengan kategori kurang kreatif . Pada siklus 2 meningkat sebesar 9,31% menjadi 62,34% dengan kategori cukup kreatif . Pada siklus 3 meningkat 12,52% menjadi 70,15% dengan kategori kreatif. Pada peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus 1 memperoleh persentase sebesar 59,37% meningkat 11,76% dari hasil belajar kogitif pra siklus sebesar 53,12%. Pada siklus 2 meningkat 21,05% menjadi 71,87% . Pada siklus 3 meningkat 21,74% menjadi 87,5%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan krreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Balung |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63201 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FANDU DYANGGA PRADETA.pdf | 367.96 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.