Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/63149
Title: Pembentukan Karakter Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Lesson Study pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII I SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2013/2014
Authors: Dina Belayati, Dina
Suharto
Dian Kurniati, Dian
Keywords: Karakter Berfikir Kreatif Siswa, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, Kubus dan Balok, Lesson Study.
Karakter Berfikir Kreatif Siswa
Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik
Issue Date: 2014
Publisher: UNEJ
Abstract: Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk karakter berfikir kreatif yang nampak pada siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Lesson Study pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2013/2014. Untuk mengetahui tingkatan karakter berpikir kreatif siswa SMP melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Lesson Study pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2013/2014. Indikator siswa menjawab pertanyaan dari guru dengan banyak jawaban dalam waktu singkat dari 19,44%, 16,67% menjadi 38,89%. Siswa menemukan cara baru atau berbeda dalam menyelesaikan masalah dari 88,9%, 83,3%, menjadi 97,2%. Siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan runtut dari 75%, 83,3%, menjadi 97,2%. Siswa menanggapi presentasi dengan benar dari 19,44%, 19,44%, menjadi 30,56%. Dan siswa memiliki alasan untuk membenarkan jawaban yang kurang tepat dari 0%, 13,89%, menjadi 27,78%. Berdasarkan persentase tersebut hasil pengamatan yang menunjukkan siswa SMP Negeri 1 Jember tergolong cukup kreatif, maka hal ini juga berbanding lurus dengan pembentukan karakter berpikir kreatif siswa.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63149
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DINA BELAYATI.pdf228.97 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.