Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62443
Title: | Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013 |
Authors: | Nurjayanti, Elza Hendrawijaya, A.T Khutobah |
Keywords: | hasil belajar bahasa Indonesia kelompok belajar paket B kondisi psikologis |
Issue Date: | 2013 |
Publisher: | UNEJ |
Series/Report no.: | Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa; |
Abstract: | Kondisi psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Kondisi psikologis dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkenaan dengan psikologi yang bersifat kejiwaan, diantaranya perhatian, minat dan kesiapan belajar. Pada faktanya tidak semua warga belajar kelas IX di Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa yang memiliki kondisi psikologis yang baik akan mendapatkan hasil belajar bahasa Indonesia yang baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan adakah hubungan antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia warga belajar kelas IX di Kelompok Belajar Rukun Sentosa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikan atau tidaknya Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan pada 26 warga belajar kelas IX Paket B dan berupa dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS v.15 for windows dan uji hipotesisnya menggunakan analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IX Kelompok Belajar Paket Brukun Sentosa Kabupaten Lamongan semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Selain itu minat belajar adalah indikator yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar.Sehingga secara teoritis dapat dikatakan bahwa warga belajar paket B Rukun Sentosa menggunakan prinsip andragogi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62443 |
Appears in Collections: | SRA-Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Elza Nurjayanti.pdf | 257.91 kB | Adobe PDF | View/Open | |
Elza Nurjayanti.pdf | 257.91 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.