Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/62443
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNurjayanti, Elza-
dc.contributor.authorHendrawijaya, A.T-
dc.contributor.authorKhutobah-
dc.date.accessioned2015-05-07T03:57:05Z-
dc.date.available2015-05-07T03:57:05Z-
dc.date.issued2013-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62443-
dc.description.abstractKondisi psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Kondisi psikologis dalam penelitian ini adalah hal-hal yang berkenaan dengan psikologi yang bersifat kejiwaan, diantaranya perhatian, minat dan kesiapan belajar. Pada faktanya tidak semua warga belajar kelas IX di Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa yang memiliki kondisi psikologis yang baik akan mendapatkan hasil belajar bahasa Indonesia yang baik pula. Sehingga menimbulkan pertanyaan adakah hubungan antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia warga belajar kelas IX di Kelompok Belajar Rukun Sentosa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikan atau tidaknya Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan pada 26 warga belajar kelas IX Paket B dan berupa dokumentasi hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS v.15 for windows dan uji hipotesisnya menggunakan analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IX Kelompok Belajar Paket Brukun Sentosa Kabupaten Lamongan semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Selain itu minat belajar adalah indikator yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar.Sehingga secara teoritis dapat dikatakan bahwa warga belajar paket B Rukun Sentosa menggunakan prinsip andragogi.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesArtikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa;-
dc.subjecthasil belajar bahasa Indonesiaen_US
dc.subjectkelompok belajar paket Ben_US
dc.subjectkondisi psikologisen_US
dc.titleHubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013en_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:SRA-Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Elza Nurjayanti.pdf257.91 kBAdobe PDFView/Open
Elza Nurjayanti.pdf257.91 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.