Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013
Abstract
Kondisi psikologis merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar.Kondisi psikologis dalam penelitian ini
adalah hal-hal yang berkenaan dengan psikologi yang bersifat kejiwaan, diantaranya perhatian, minat dan kesiapan
belajar. Pada faktanya tidak semua warga belajar kelas IX di Kelompok Belajar Paket B Rukun Sentosa yang memiliki
kondisi psikologis yang baik akan mendapatkan hasil belajar bahasa Indonesia yang baik pula. Sehingga menimbulkan
pertanyaan adakah hubungan antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia warga belajar kelas IX di
Kelompok Belajar Rukun Sentosa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui signifikan atau
tidaknya Hubungan antara Kondisi Psikologis dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas IX Kelompok Belajar Rukun
Sentosa Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2012-2013.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode
pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan pada 26 warga belajar kelas IX Paket B dan berupa dokumentasi
hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS v.15 for windows dan uji hipotesisnya
menggunakan analisis korelasi tata jenjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara kondisi psikologis dengan hasil belajar bahasa Indonesia kelas IX Kelompok Belajar Paket Brukun Sentosa
Kabupaten Lamongan semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Selain itu minat belajar adalah indikator yang paling
berpengaruh terhadap hasil belajar.Sehingga secara teoritis dapat dikatakan bahwa warga belajar paket B Rukun Sentosa
menggunakan prinsip andragogi.
Collections
- SRA-Education [1352]