Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56467
Title: | MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA |
Authors: | Tini Wulandari |
Keywords: | Problem Solving, Pictorial Riddle, Pembelajaran Fisika |
Issue Date: | 27-Mar-2014 |
Series/Report no.: | 090210102019; |
Abstract: | Hasil analisis aktivitas siswa menggunakan presentase keaktifan siswa pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa aspek aktivitas siswa yang dinilai yaitu menganalisis pictorial riddle pada pelaksanaan I tergolong aktif sebesar 69,4 % sedangkan pada pembelajaran II juga tergolong aktif yaitu sebesar 76,7 % sehingga rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I dan II sebesar 75,45 % dan dapat dikategorikan aktif. Untuk menguji hipotesis penelitian, diperoleh hasil analisis Independent Sampel T-test dengan bantuan software SPSS 16 nilai Sig. (2-tailed) 0,011 dengan Sig. (1-tailed) 0,0055 0,05 sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang didukung dengan nilai post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kelas kontrol sebesar 69,7. Berdasarkan hasi penelitian, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model problem solving dengan metode pictorial riddle pada siswa kelas XI SMAN 1 Kalisat tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori aktif. (2) Model problem solving dengan metode pictorial riddle berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMAN 1 Kalisat tahun ajaran 2013/2014. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar siswa pada kelas kontrol. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56467 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tini Wulandari - 090210102019_1.pdf | 172.1 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools