Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56457
Title: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP
Authors: Lailatul Haniyah
Keywords: NHT (Numbered Head Together), Metode Eksperimen
Issue Date: 27-Mar-2014
Series/Report no.: 080210192012;
Abstract: Berdasarkan observasi saat pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen di kelas eksperimen dan analisis data ratarata aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa kriteria aktivitas siswa tergolong aktif. Dari hasil observasi dan hasil analisis rata-rata aktivitas belajar siswa diperoleh urutan persentase rata-rata aktivitas siswa dari tertinggi hingga terendah pada masing-masing indikator yaitu; Keaktifan Mengerjakan Tugas dalam Hal ini LKS, Menjawab pertanyaan, Berdiskusi, Bertanya. Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Samples T-Test untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukan Sig. = 0,000/2 = 0,000, artinya signifikansinya lebih kecil dari α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa di SMP. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kreiteria aktivitas belajar siswa tergolong aktif dan hasil belajar siswa fisika siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) disertai metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56457
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Lailatul Haniyah - 080210192012_1.pdf838.33 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools