Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/56357
Title: | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SDN 03 BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 |
Authors: | Uswatun Hasanah |
Keywords: | Bahasan Peraturan Perundang-Undangan, Metode Bermain Peran |
Issue Date: | 26-Mar-2014 |
Series/Report no.: | 100210204102; |
Abstract: | Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan target pencapaian untuk aktivitas belajar siswa secara klasikal dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria ketuntasan minimal atau ≥70%. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus sebesar 36,9%, meningkat menjadi 62,7% pada siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 86,7%. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 23,1%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,2%, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,6%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN 03 Banjarsari semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Saran Untuk SDN 03 Banjarsari, agar pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan maka guru-guru di SDN 03 Banjarsari supaya menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi. |
URI: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56357 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Uswatun Hasanah - 100210204102_1.pdf | 116.5 kB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools