PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKN POKOK BAHASAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI SDN 03 BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan
observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Dalam penelitian ini, hasil observasi
aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif. Peneliti menetapkan
target pencapaian untuk aktivitas belajar siswa secara klasikal dengan kriteria sangat
tinggi, sedangkan untuk hasil belajar siswa harus mencapai kriteria ketuntasan
minimal atau ≥70%.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa
yang semula pada pra siklus sebesar 36,9%, meningkat menjadi 62,7% pada siklus 1,
dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 86,7%. Hasil belajar siswa pada pra
siklus sebesar 23,1%, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,2%, dan pada
siklus 2 meningkat menjadi 84,6%.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Penerapan metode bermain peran
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran
PKn pokok bahasan peraturan perundang-undangan di SDN 03 Banjarsari semester
ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Saran Untuk SDN 03 Banjarsari, agar
pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan maka guru-guru di SDN 03 Banjarsari
supaya menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi.