Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22212
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 PANARUKAN
Authors: Agung Prasetyo Utomo
Keywords: BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 070210192133;
Abstract: Pembelajaran merupakan suatu proses belajar dan mengajar antara siswa dengan guru yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Hal ini juga berlangsung di SMP Negeri 1 Panarukan, namun tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kurang tercapai. Berdasarkan hasil observasi awal, didapatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan masih kurang. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru pengajar yang telah dilakukan pada hari Senin, 21 Februari 2011 dapat diketahui bahwa 39,2% siswa aktif memperhatikan penjelasan guru, 35,29 % siswa aktif mencatat, 24,25 % siswa aktif bertanya, dan 31,3 % siswa aktif menjawab pertanyaan guru. Jadi skor ratarata aktivitas belajar siswa 32.57 %, sehingga termasuk dalam kriteria kurang aktif. Hasil belajar fisika siswa di kelas VIII B juga masih rendah. Hal ini ditunjukkan berdasarkan data kelas dari 34 siswa, hanya 15 orang atau hanya 44,12 % siswa yang mendapatkan nilai diatas 70, sedangkan 19 orang atau hanya 55,88 % siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 70. Berdasar uraian di atas, maka diperlukan perbaikan dan pembelajaran melalui menggunakan metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here. Metode pembelajaran peer teaching dengan strategi everyone is a teacher here merupakan salah satu pembelajaran aktif, dimana setiap siswa bisa menjadi tutor atau guru bagi teman-temannya dan mempunyai kesempatan yang sama bagi setiap siswa untuk menerangkan layaknya seorang tutor atau guru.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22212
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (210)k_1fkip.pdf1.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools