Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22183
Title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN STRATEGI GROUP TO GROUP EXCHANGE PADA SISWA
Authors: Agny Firgia Kasnugrahawat
Keywords: AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 080210193012;
Abstract: erdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMP Negeri 1 Jatiroto, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, dan pembelajaran biologi yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata biologi yaitu melalui strategi group to group exchange Tujuan dalam penelitian ini adalah: Jatiroto tahun ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 37 siswa yang terdiri atas 18 laki-laki dan 19 perempuan di. Sumber data yaitu guru kelas VII E dan siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan viii dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 84,44% sedangkan secara klasikal yaitu 68,12%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 90,27% sedangkan secara klasikal sebesar 79,92%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 76,99% sedangkan secara klasikal sebesar 73% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 85,2% sedangkan secara klasikal sebesar 89,19%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi GGE pada mata pelajaran biologi dengan pokok bahasan pengaruh kepadatan populasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Jatiroto. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22183
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (191)k_1fkip.pdf465.82 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools