Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/22148
Title: MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN MATEMATIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Authors: Afifatur Rofiqoh
Keywords: KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL
Issue Date: 23-Jan-2014
Series/Report no.: 080210102042;
Abstract: Fisika merupakan bagian dari sains yang mempelajari tentang fenomena alam dengan menggunakan bentuk matematika untuk mempermudah penjelasannya. Dalam pembelajaran fisika, siswa lebih cenderung mempelajari konsep matematisnya. Sedangkan untuk mempelajari fisika secara keseluruhan, siswa diharapkan mempunyai beberapa kemampuan representasi bukan hanya dalam bentuk matematisnya saja. Pemilihan cara penyampaian guru saat proses pembelajaran akan mempengaruhi cara belajar siswa di dalam kelas. Agar siswa aktif, harus tercipta lingkungan belajar di mana guru dan siswa sama-sama terlibat dalam proses belajar aktif. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik dan hasil belajar siswa selama penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA, serta mengkaji perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan N-gain, dan menggunakan analisis t one tail SPSS 16 . Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar tes fisika, kemampuan representasi verbal,
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22148
Appears in Collections:UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (173)k_1fkip.pdf375.95 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools