• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN MATEMATIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    K (173)k_1fkip.pdf (375.9Kb)
    Date
    2014-01-23
    Author
    Afifatur Rofiqoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari sains yang mempelajari tentang fenomena alam dengan menggunakan bentuk matematika untuk mempermudah penjelasannya. Dalam pembelajaran fisika, siswa lebih cenderung mempelajari konsep matematisnya. Sedangkan untuk mempelajari fisika secara keseluruhan, siswa diharapkan mempunyai beberapa kemampuan representasi bukan hanya dalam bentuk matematisnya saja. Pemilihan cara penyampaian guru saat proses pembelajaran akan mempengaruhi cara belajar siswa di dalam kelas. Agar siswa aktif, harus tercipta lingkungan belajar di mana guru dan siswa sama-sama terlibat dalam proses belajar aktif. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan kemampuan representasi verbal, matematik dan hasil belajar siswa selama penerapan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA, serta mengkaji perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan tidak menggunakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tegaldlimo. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan N-gain, dan menggunakan analisis t one tail SPSS 16 . Analisa data yang digunakan untuk mengkaji peningkatan hasil belajar tes fisika, kemampuan representasi verbal,
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22148
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3432]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository