Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/21274
Title: PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) SETTING NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DI KELAS VII B SMP NEGERI 3 TANGGUL TAHUN AJARAN 2008 / 2009
Authors: WINARNI
Keywords: Pembelajaran Model Problem Centered Learning
Issue Date: 22-Jan-2014
Series/Report no.: 050210101245;
Abstract: Berdasarkan tes pendahuluan yang diberikan kepada siswa kelas VII B mengenai kemampuan awal materi sifat – sifat bangun segi empat, didapatkan hasil belum tercapainya ketuntasan klasikal. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) di kelas VII B SMP Negeri 3 Tanggul yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung dan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanggul mulai tanggal 22 April 2009 sampai dengan 15 Mei 2009 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap tes pendahuluan, tes 1, tes 2, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan hasil wawancara tehadap siswa. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: 1) Penerapan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segi empat di kelas VII B SMP Negeri 3 Tanggul berjalan dengan baik karena sesuai dengan tujuan yang diharapkan yang ditunjukkan oleh meningkatnya hasil belajar siswa; 2) Penerapan pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok mulai dari pembelajaran pada siklus I dan pembelajaran siklus II; 3) pembelajaran Model Problem Centered Learning (PCL) Setting Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segi empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 77,5 % meningkat menjadi 87,5% pada tes akhir siklus II yang artinya telah tercapai ketuntasan klasikal dan adanya peningkatan hasil belajar.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/21274
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
21 (188)_processed_1.pdf294.6 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools