Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/20147
Title: PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MENJADI PELANGGAN HARIAN PAGI KOMPAS PADA MASYARAKAT DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER
Authors: ADITYA PRAYUGA
Keywords: PELANGGAN HARIAN PAGI KOMPA
Issue Date: 21-Jan-2014
Series/Report no.: 070810291156;
Abstract: Perusahaan perlu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian surat kabar, serta bagaimana caranya agar produk yang dijual itu dapat memuaskan konsumen sehingga dapat memperlancar usahanya.. Oleh karena itu pemasar harus mempelajari dan memahami bagaimana konsumen berperilaku. Perilaku konsumen sebagai tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi, menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusul tindakan-tindakan untuk mendapatkan dan mempergunakan suatu produk sehingga kebutuhan dan keinginan dapat terpenuhi. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui pengaruh faktor internal dan eksternal yang terdiri yang terdiri atas variabel usia, pendidikan, kelas sosial, kelompok referensi, ketersediaan produk, karakteristik produk, harga terhadap keputusan pembelian harian Kompas secara simultan dan parsial pada masyarakat Jember. Penelitian yang akan dilakukan di Kota Jember ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan metode survey. Populasi penelitian ini adalah pengambil keputusan pembelian Surat Kabar Harian Kompas baik yang membeli maupun yang tidak membeli surat kabar di Wilayah Perkotaan Jember. Metode pengambilan sampelnya dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor usia, pendidikan, kelas sosial, kelompok referensi, ketersediaan produk, karakterisktik produk dan harga terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian harian Kompas secara bersama-sama (simultan) dan parsial.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20147
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
K (142)k_1ekonomi.pdf460.67 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools