Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/17061
Title: PENGARUH FAKTOR –FAKTOR TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN IMPULSIF PADA INDOMARET DI KECAMATAN BONDOWOSO KABUPATEN BONDOWOSO
Authors: AGUS PRASETIA PUJIAWAN
Keywords: KEPUTUSAN KONSUMEN , PEMBELIAN IMPULSIF, INDOMARET
Issue Date: 18-Jan-2014
Series/Report no.: 060810291018;
Abstract: Penelitian dengan judul pengaruh faktor –faktor terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif pada indomaret di kecamatan bondowoso kabupaten bondowoso bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh faktor ruang pamer/display produk, pramuniaga, suasana lingkungan toko, ketidak tersediaan produk, promosi, penataan Barang, Lokasi strategis, dan Fasilitas pendukung terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsive, serta mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. Jenis penelitian ini adalah exsplanatory reseach atau confirmatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal dan menguji keterkaitan antara beberapa variabel melalui pengujian hipotesis atau penelitian penjelasan. Penelitian ini menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif, yaitu faktor ruang pamer/display produk, pramuniaga, suasana lingkungan toko, ketidak tersediaan produk, promosi, penataan Barang, Lokasi strategis, dan Fasilitas pendukung. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Analisis data menggunakan metode metode analisis regresi logistik. Berdasarkan hasil pengujian dapat dinyatakan bahwa variabel ruang pamer/display produk, program promosi, lokasi strategis, dan penataan barang mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. Variabel ruang pamer/display produk dengan koefisien regresi 1,162, variabel program promosi dengan koefisien regresi 0,863, variabel lokasi strategis dengan koefisien regresi 0,986, dan variabel penataan barang dengan koefisien regresi 0,955. Untuk variabel ketidaktersediaan produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif dengan koefisien regresi sebesar -0,867. Sedangkan variabel pramuniaga, suasana lingkungan toko, dan fasilitas pendukung tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa faktor penataan barang merupakan faktor yang dominan dalam menentukan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian impulsif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17061
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Agus Prasetia Pujiawan 060810291018_1.pdf321.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools