Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/14106
Title: PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 JEMBER
Authors: Siswanto
Keywords: Karakteristik Individu, Kepemimpinan, Kinerja Guru
Issue Date: 13-Jan-2014
Series/Report no.: 090810201081;
Abstract: Peningkatan kualitas pendidikan adalah suatu kewajiban bagi seluruh elemen pendidikan terutama yang ada di sekolah-sekolah. Peningkatan pendidikan tidak semata-mata hanya bertumpu dari satu elemen saja. Peningkatak kualitas seorang guru harus diupayakan terlebih dahulu sehingga output yang dihasilkan akan baik juga, karena output seorang siswa tercermin dari seorang guru yang dimiliki oleh sekolah-sekolah tersebut. Cerminan tersebut dapat diketahui dari bagaimana kinerja seorang guru di dalam sekolah tersebut. Ada beberapa variabel yang mempengaruhi kinerja guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember. Variabel-variabel yang mempengaruhinya antara lain : karakteristik Individu secara langsung secara tidak langsung melalui efektivitas kepemimpinan. Berdasar hasil analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa kinerja guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember secara parsial dipengaruhi oleh satu variabel yakni variabel karakteristik individu (X1). Dibuktikan dengan nilai signifikan serta dari pernyataan terbuka dalam kuesioner. Dari satu variabel tersebut menunjukkan bahwa variabel karakteristik individu (X1) paling dominan mempengaruhi kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember. Sedangkan variabel lainnya variabel efektivitas kepemimpinan (Z) secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jember.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14106
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Siswanto_1.pdf585.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools