Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126815
Title: Pengembangan Media Augmented Reality berbasis Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Creative Thinking Skill
Authors: VALENTINA, Naya
Keywords: Augmented Reality
Media Pembelajaran
Creative Thinking Skill
Discovery Learning
Issue Date: 19-Aug-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemajuan teknologi telah memperpendek siklus produksi dan meningkatkan produktivitas. Kemajuan dan kecepatan pertumbuhan ekonomi, komputer mengambil alih, menggantikan, atau melengkapi banyak pekerjaan yang dilakukan manusia di berbagai bidang seperti pemrosesan informasi dan tugas-tugas berbasis aturan, sehingga meningkatkan permintaan akan keterampilan tingkat tinggi. Permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah salah satunya yaitu terbatasnya akses internet dan perangkat teknologi digital di kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan, sehingga guru dan siswa tidak dapat menggunakan media pembelajaran secara maksimal, pendidik harus menyediakan materi yang berkualitas dan mudah dipahami siswa . Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah, yaitu 1.) Bagaimana Pengembangan dan Hasil Validasi Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning?2.)Bagaimana Efektivitas Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning terhadap creative thinking skill? Tujuan penelitian ini antara lain 1) Mengembangkan dan menvalidasi media pembelajaran dalam rangka meningkatkan creative thinking skill pada peserta didik; 2) Mengidentifikasi efektifitas pengembangan media pembelajaran creative thinking skill. Penelitian pengembangan media augmented reality ini menggunakan model ASSURE. Model ASSURE terdiri atas enam tahapan, yaitu (1) Analyze learner characteristic, (2) State performance objective, (3) Select methods, media, and materials, (4) Utilize materials, (5) Requires learner participation dan (6) Evaluate and revise. Metode yang digunakan, yaitu discovery learning. Penemuan terjadi ketika individu-individu terutama terlibat penggunaan proses mental untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.Penemuan dilakukan dengan cara mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, meramalkan, menentukan dan pemikiran. Proses ini disebut proses kognitif, dan penemuan itu sendiri adalah proses mental menyerap konsep dan prinsip. Hasil uji validasi media augmented reality sebagai berikut; (1) validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 3,65 dengan kategori luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; (2) validasi ahli materi sebesar 3,66 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; dan (3) validasi ahli bahasa sebesar 3,7 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada uji pengguna pendidik mencapai nilai 3,82 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada hasil uji pengguna peserta didik mencapai nilai 3,29 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan efektifitas nilai pengetahuan pada peserta didik. Pada uji efektivitas relative menggunakan rumus eta square didapatkan nilai sebesar 0,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa media augmented realitu menempati kualifikasi luar bisa dalam meningkatkan creative thinking skill peserta didik. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa media augmented reality berbasis discovery learning dan pengaruhnya terhadap creative thinking skill yang telah dikembangkan telah tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik. Produk aplikasi augmented reality juga dapat meningkatkan efektivitas creative thinking skill pada peserta didik.
Description: Validasi_firli_20_Juni_25 ::: Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi :::
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126815
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-08-19
Naya Valentina_2002103020173.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools