Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126815
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorVALENTINA, Naya-
dc.date.accessioned2025-06-29T14:12:35Z-
dc.date.available2025-06-29T14:12:35Z-
dc.date.issued2024-08-19-
dc.identifier.nim200210302017en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126815-
dc.descriptionValidasi_firli_20_Juni_25 ::: Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi :::en_US
dc.description.abstractKemajuan teknologi telah memperpendek siklus produksi dan meningkatkan produktivitas. Kemajuan dan kecepatan pertumbuhan ekonomi, komputer mengambil alih, menggantikan, atau melengkapi banyak pekerjaan yang dilakukan manusia di berbagai bidang seperti pemrosesan informasi dan tugas-tugas berbasis aturan, sehingga meningkatkan permintaan akan keterampilan tingkat tinggi. Permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran sejarah salah satunya yaitu terbatasnya akses internet dan perangkat teknologi digital di kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan, sehingga guru dan siswa tidak dapat menggunakan media pembelajaran secara maksimal, pendidik harus menyediakan materi yang berkualitas dan mudah dipahami siswa . Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah, yaitu 1.) Bagaimana Pengembangan dan Hasil Validasi Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning?2.)Bagaimana Efektivitas Media Augmented Reality (AR) berbasis discovery learning terhadap creative thinking skill? Tujuan penelitian ini antara lain 1) Mengembangkan dan menvalidasi media pembelajaran dalam rangka meningkatkan creative thinking skill pada peserta didik; 2) Mengidentifikasi efektifitas pengembangan media pembelajaran creative thinking skill. Penelitian pengembangan media augmented reality ini menggunakan model ASSURE. Model ASSURE terdiri atas enam tahapan, yaitu (1) Analyze learner characteristic, (2) State performance objective, (3) Select methods, media, and materials, (4) Utilize materials, (5) Requires learner participation dan (6) Evaluate and revise. Metode yang digunakan, yaitu discovery learning. Penemuan terjadi ketika individu-individu terutama terlibat penggunaan proses mental untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip.Penemuan dilakukan dengan cara mengamati, mengklasifikasikan, mengukur, meramalkan, menentukan dan pemikiran. Proses ini disebut proses kognitif, dan penemuan itu sendiri adalah proses mental menyerap konsep dan prinsip. Hasil uji validasi media augmented reality sebagai berikut; (1) validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar sebesar 3,65 dengan kategori luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; (2) validasi ahli materi sebesar 3,66 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi; dan (3) validasi ahli bahasa sebesar 3,7 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada uji pengguna pendidik mencapai nilai 3,82 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi. Pada hasil uji pengguna peserta didik mencapai nilai 3,29 dengan kualifikasi luar biasa dan dapat digunakan tanpa revisi.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan efektifitas nilai pengetahuan pada peserta didik. Pada uji efektivitas relative menggunakan rumus eta square didapatkan nilai sebesar 0,54 sehingga dapat disimpulkan bahwa media augmented realitu menempati kualifikasi luar bisa dalam meningkatkan creative thinking skill peserta didik. Berdasarkan hasil data di atas dapat disimpulkan bahwa media augmented reality berbasis discovery learning dan pengaruhnya terhadap creative thinking skill yang telah dikembangkan telah tervalidasi dengan kualifikasi sangat baik. Produk aplikasi augmented reality juga dapat meningkatkan efektivitas creative thinking skill pada peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAugmented Realityen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectCreative Thinking Skillen_US
dc.subjectDiscovery Learningen_US
dc.titlePengembangan Media Augmented Reality berbasis Discovery Learning dan Pengaruhnya Terhadap Creative Thinking Skillen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed.en_US
dc.identifier.pembimbing2: Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorValidasi_firli_20_Juni_25en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-08-19
Naya Valentina_2002103020173.29 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools