Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126798
Title: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik SD
Authors: ALFIANA, Vani Sella
Keywords: Think Talk Write
Gambar Berseri
Keterampilan Menulis
Karangan Narasi
Issue Date: 24-Oct-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling kompleks dan sangat penting dikuasai oleh peserta didik dalam proses belajarnya. Kurikulum merdeka fase B menyebutkan peserta didik diharapkan dapat menulis suatu karangan salah satunya karangan narasi. Inovasi dalam menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sangat diperlukan. Model pembelajaran kooperatif tipe TTW tepat digunakan untuk mengatasi kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis. Penelitian dilakukan di SDN Bangsalsari 03 Jember dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik SD. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes kinerja, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data memperoleh nilai t hitung > t tabel (6,696 > 2,004), sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TTW berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN Bangsalsari 03 Jember.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126798
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository UNEJ_Vani Sella Alfiana_Skripsi.pdf
  Until 2029-12-10
Vani Sella Alfiana_2002102041174.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools