Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126215
Title: Hubungan Antara Persentase Kehadiran Pada Anak Kelompok A dengan Perkembangan Bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember
Authors: SAFITRI, Nadilla Dewi
Keywords: Anak
persentase kehadiran
perkembangan bahasa
Issue Date: 26-Jul-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pendidikan sejak usia dini adalah landasan bagi anak dan memegang peranan penting dalam menentukan perkembangannya di masa depan. Bahkan sejak usia dini, anak sudah mempunyai banyak potensi dan tumbuh kembangnya sangat pesat. Aspek-aspek pada perkembangan anak terdiri atas aspek agama moral, bahasa, kognitif, sosial, emosional, fisik, motorik, serta seni. Bahasa berperan penting dalam membangun hubungan karena membantu anak bersosialisasi dengan orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persentase kehadiran anak kelompok A dengan perkembangan bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jeneis penelitian korelasional. Dari hasil yang penelitian yang sudah dilakukan, terdapat korelasi atau hubungan positif antara kehadiran anak dengan perkembangan bahasanya. Adanya tingkat kehadiran anak yang tinggi akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bahasa. Dalam artian tingkat kehadiran anak yang tinggi akan dapat menghasilkan perkembangan bahasa yang optimal. Hal ini ditunjukkan dari yang sudah diteliti, bahwa anak yang sering hadir atau datang ke sekolah, perkembangan bahasanya baik. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran siswa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 96,68%. Nilai rata-rata perkembangan bahasa sebesar 17,36 yang tergolong berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara tingkat kehadiran siswa dengan perkembangan bahasa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 0,453 yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel (0,294). Artinya kenaikan variabel X (tingkat kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (perkembangan bahasa), begitupun sebaliknya penurunan variabel X diimbangi penurunan variabel Y.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126215
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository nadilla.pdf
  Until 2028-07-18
HUBUNGAN ANTARA PERSENTASE KEHADIRAN PADA ANAK KELOMPOK A DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA DI TK DHARMA WANITA PAKUSARI JEMBER1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools