Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126215
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAFITRI, Nadilla Dewi
dc.date.accessioned2025-05-07T01:41:03Z
dc.date.available2025-05-07T01:41:03Z
dc.date.issued2024-07-26
dc.identifier.nim200210205134en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126215
dc.description.abstractPendidikan sejak usia dini adalah landasan bagi anak dan memegang peranan penting dalam menentukan perkembangannya di masa depan. Bahkan sejak usia dini, anak sudah mempunyai banyak potensi dan tumbuh kembangnya sangat pesat. Aspek-aspek pada perkembangan anak terdiri atas aspek agama moral, bahasa, kognitif, sosial, emosional, fisik, motorik, serta seni. Bahasa berperan penting dalam membangun hubungan karena membantu anak bersosialisasi dengan orang sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persentase kehadiran anak kelompok A dengan perkembangan bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jeneis penelitian korelasional. Dari hasil yang penelitian yang sudah dilakukan, terdapat korelasi atau hubungan positif antara kehadiran anak dengan perkembangan bahasanya. Adanya tingkat kehadiran anak yang tinggi akan memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan bahasa. Dalam artian tingkat kehadiran anak yang tinggi akan dapat menghasilkan perkembangan bahasa yang optimal. Hal ini ditunjukkan dari yang sudah diteliti, bahwa anak yang sering hadir atau datang ke sekolah, perkembangan bahasanya baik. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kehadiran siswa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 96,68%. Nilai rata-rata perkembangan bahasa sebesar 17,36 yang tergolong berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan terdapat korelasi antara tingkat kehadiran siswa dengan perkembangan bahasa kelompok A di TK Dharma Wanita Pakusari Jember sebesar 0,453 yang menunjukkan bahwa r hitung lebih besar daripada r tabel (0,294). Artinya kenaikan variabel X (tingkat kehadiran) diimbangi oleh variabel Y (perkembangan bahasa), begitupun sebaliknya penurunan variabel X diimbangi penurunan variabel Y.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAnaken_US
dc.subjectpersentase kehadiranen_US
dc.subjectperkembangan bahasaen_US
dc.titleHubungan Antara Persentase Kehadiran Pada Anak Kelompok A dengan Perkembangan Bahasa di TK Dharma Wanita Pakusari Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodipendidikan guru pendidikan anak usia dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_April 2025en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_05_tanggal 07en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository nadilla.pdf
  Until 2028-07-18
HUBUNGAN ANTARA PERSENTASE KEHADIRAN PADA ANAK KELOMPOK A DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA DI TK DHARMA WANITA PAKUSARI JEMBER1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools