Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125351
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fitur Produk, dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KC Jember
Authors: 

FEBRIYANTI, Ariska
Keywords: KUALITAS PELAYANAN
DIGITAL MARKETING
LOYALITAS NASABAH
PERBANKAN SYARIAH
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Abstract: Perbankan syariah merupakan bentuk bidang usaha yang memiliki pelayanan mengarah pada profit, karena bank syariah tidak hanya bertanggung jawab untuk mencari keuntungan tanpa mempertimbangkan manfaat dan tujuan sebagai sebuah bisnis syariah yang berdasarkan pada konsep Al-Qur’an dan AsSunnah. Dalam perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan jasa seperti perbankan syariah. Kesetiaan nasabah sangat diperlukan untuk keberlangsungan transaksi yang dilakukan. Loyalitas nasabah adalah perilaku yang ditunjukkan oleh nasabah kepada perusahaan untuk membuktikan kesetiaan nasabah. Dalam upaya mendapatkan loyalitas nasabah, Bank Muamalat Indonesia (BMI) memberikan fasilitas pelayanan terbaik, fitur produk yang beragam sesuai dengan syariah, dan pemasaran digital yang dilakukan guna mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi. Oleh karena itu, kajian terhadap loyalitas nasabah BMI penting untuk dilakukan. Sementara itu persaingan perbankan syariah di Kabupaten Jember semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fitur produk, dan digital marketing terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Indonesia dan pengambilan sampel manggunakan teknik nonprobability dengan menggunakan rumus Heir indikator variabel penelitian dikali dengan 5 (lima), sehingga ditentukan sejumlah 105 sesponden dengan kriteria responden merupakan nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif, sumber data pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari jawaban responden melalui google form kepada nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Variabel fitur produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember. Variabel Digital Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia KC Jember.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 14 Pebruari 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125351
Appears in Collections:UT-Faculty of Economic and Business

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ariska Febriyanti 190810102002_Repository.pdf
  Until 2028-07-31
1.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools