Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125310
Title: | Pengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia |
Authors: | RAHMAWATI, Shanti Yuniar |
Keywords: | Critical Thinking Media Pembelajaran Flipbook |
Issue Date: | 25-May-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Media pembelajaran adalah sarana penyampaian informasi antara guru dan siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Metode penyampaian media yang digunakan guru dapat membuat siswa lebih menerima dan memahami informasi yang diperoleh dengan baik. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA prestasi belajar IPA di Indonesia termasuk rendah dengan posisi peringkat 10 besar terbawah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara berpikir kritis siswa karena mereka tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dalam hal pemecahan masalah dengan baik. Satu diantara alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Media flipbook diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Apabila siswa telah menguasai kemampuan berpikir kritis maka mereka dapat menggabungkan ilmu yang telah diperoleht dan mengutarakan pengetahuan tersebut Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media flipbook yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuian berpikir kritis siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai desain penelitian karena memiliki desain yang sistematik dan banyak digunakan sebagai model pengembangan yang berhubungan dengan pembuatan media. Tahapan ADDIE dimulai dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (penerapan) dan evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode validasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar kevalidan media dan materi serta angket berupa respon peserta didik setelah menggunakan media flipbook. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, media flipbook yang dikembangkan termasuk kedalam media yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125310 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-08-23 | Shanti Yuniar Rahmawati_170210104037 | 4.39 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools