Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125310
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAHMAWATI, Shanti Yuniar-
dc.date.accessioned2025-02-13T02:11:32Z-
dc.date.available2025-02-13T02:11:32Z-
dc.date.issued2023-05-25-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125310-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 13 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractMedia pembelajaran adalah sarana penyampaian informasi antara guru dan siswa sehingga menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan efisien. Metode penyampaian media yang digunakan guru dapat membuat siswa lebih menerima dan memahami informasi yang diperoleh dengan baik. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh PISA prestasi belajar IPA di Indonesia termasuk rendah dengan posisi peringkat 10 besar terbawah. Hal ini dapat berpengaruh terhadap cara berpikir kritis siswa karena mereka tidak dapat mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dalam hal pemecahan masalah dengan baik. Satu diantara alternatif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah dengan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif sehingga kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Media flipbook diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Apabila siswa telah menguasai kemampuan berpikir kritis maka mereka dapat menggabungkan ilmu yang telah diperoleht dan mengutarakan pengetahuan tersebut Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media flipbook yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuian berpikir kritis siswa. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai desain penelitian karena memiliki desain yang sistematik dan banyak digunakan sebagai model pengembangan yang berhubungan dengan pembuatan media. Tahapan ADDIE dimulai dari analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (penerapan) dan evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode validasi, tes dan angket. Instrumen yang digunakan berupa lembar kevalidan media dan materi serta angket berupa respon peserta didik setelah menggunakan media flipbook. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, media flipbook yang dikembangkan termasuk kedalam media yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCritical Thinkingen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Flipbooken_US
dc.titlePengembangan Media Flipbook untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd., M.C.Een_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd., M.C.Een_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-08-23
Shanti Yuniar Rahmawati_1702101040374.39 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools