Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124626
Title: | Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa |
Authors: | MARDIYANI, Anindya Eka |
Keywords: | MODEL DISCOVERY LEARNING KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH HASIL BELAJAR |
Issue Date: | 15-Aug-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pelaksanaan pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan pemahaman pengetahuan dan kemampuan analisis. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan menjadi tolak ukur dalam menilai siswa. Seringkali kemampuan memecahkan masalah menjadi landasan siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini menguji pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pujer. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen sebagai kelas yang menerapkan model penemuan berbantuan Simulasi PhET dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Hasil kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan berbantuan Simulasi PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik. Kelas eksperimen mempunyai pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan mau mencari tahu secara mandiri. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan masalah sering terjadi pada tahap pengecekan ulang baik pada kelas kontrol maupun eksperimen. |
Description: | Validasi dan Finalisasi oleh Taufik Tgl 26 November 2024 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124626 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Anindya_Repository Unej.pdf Until 2028-09-19 | 1.51 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools