Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124626
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMARDIYANI, Anindya Eka-
dc.date.accessioned2024-11-26T06:51:31Z-
dc.date.available2024-11-26T06:51:31Z-
dc.date.issued2023-08-15-
dc.identifier.nim190210102031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124626-
dc.descriptionValidasi dan Finalisasi oleh Taufik Tgl 26 November 2024en_US
dc.description.abstractPelaksanaan pembelajaran fisika bertujuan untuk mengembangkan pemahaman pengetahuan dan kemampuan analisis. Kemampuan pemecahan masalah melibatkan siswa dalam memecahkan masalah dan menjadi tolak ukur dalam menilai siswa. Seringkali kemampuan memecahkan masalah menjadi landasan siswa dalam menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini menguji pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pujer. Penelitian dilakukan pada kelas eksperimen sebagai kelas yang menerapkan model penemuan berbantuan Simulasi PhET dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Hasil kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran penemuan berbantuan Simulasi PhET berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik. Kelas eksperimen mempunyai pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan mau mencari tahu secara mandiri. Kelemahan siswa dalam menyelesaikan masalah sering terjadi pada tahap pengecekan ulang baik pada kelas kontrol maupun eksperimen.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Maryani, M.Pd Drs. Alex Harijanto, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL DISCOVERY LEARNINGen_US
dc.subjectKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Maryani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Alex Harijanto, M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anindya_Repository Unej.pdf
  Until 2028-09-19
1.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools