Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124460
Title: Pengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Brainly terhadap Critical Thinking Skill and Creative Thinking Skill dalam Pembelajaran Sejarah
Authors: PRATIWI, Feby Dewi
Keywords: Self Regulated Learning
Critical Thinking Skill
Creative Thinking Skill
Aplikasi Brainly
Pembelajaran Sejarah
Issue Date: 22-Jul-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Critical Thinking skill dan Creative Thinking Skill merupakan kemampuan yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran abad 21. Fakta menunjukkan bahwa kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah di kalangan siswa sehingga menjadi kendala dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah juga mempunyai permasalahan yang dipicu oleh kurangnya keseriusan dan kedisiplinan siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI.7, XI.8, XI.9 dan XI.11. Hasil tes critical thinking skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap critical thinking skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 (0,005 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tes creative thinking Skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap creative thinking Skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (0,001 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly terhadap critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124460
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository feby.pdf
  Until 2028-07-25
2.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools