Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124460
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRATIWI, Feby Dewi-
dc.date.accessioned2024-10-22T08:26:46Z-
dc.date.available2024-10-22T08:26:46Z-
dc.date.issued2024-07-22-
dc.identifier.nim200210302045en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124460-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractCritical Thinking skill dan Creative Thinking Skill merupakan kemampuan yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran abad 21. Fakta menunjukkan bahwa kedua kemampuan tersebut masih tergolong rendah di kalangan siswa sehingga menjadi kendala dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah juga mempunyai permasalahan yang dipicu oleh kurangnya keseriusan dan kedisiplinan siswa dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran sejarah. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI.7, XI.8, XI.9 dan XI.11. Hasil tes critical thinking skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap critical thinking skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,005 (0,005 < 0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil tes creative thinking Skill ANCOVA pada tabel corrected model menunjukkan nilai sig. 0,000 (0,000 < 0,05), maka secara simultan pretest dan model pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap creative thinking Skill siswa. Selanjutnya hasil kolom model pembelajaran menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (0,001 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model self-regulated learning berbantuan aplikasi Brainly terhadap critical thinking skill dan creative thinking Skill dalam pembelajaran sejarah.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Nurul Umamah, M.Pd. DPA: Drs. Marjono, M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSelf Regulated Learningen_US
dc.subjectCritical Thinking Skillen_US
dc.subjectCreative Thinking Skillen_US
dc.subjectAplikasi Brainlyen_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Self Regulated Learning Berbantuan Aplikasi Brainly terhadap Critical Thinking Skill and Creative Thinking Skill dalam Pembelajaran Sejarahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Marjono, M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus_2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository feby.pdf
  Until 2028-07-25
2.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools