Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123981
Title: | Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi pada Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) Kelas XII SMKN 1 Jember |
Authors: | WIDAYANTI, Sri |
Keywords: | GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKUTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA |
Issue Date: | 25-Jul-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar siswa berprestasi di kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan (AKL) SMKN 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi kelas XII jurusan akuntansi dan keuangan lembaga (AKL) SMKN 1 Jember yang pernah mendapatkan peringkat pertama nilai rapor atau pernah menjuarai lomba tingkat kabupaten atau nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa siswa berprestasi menggunakan gaya belajar yang berbeda. Penggunaan gaya belajar menunjukkan adanya kombinasi antara gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Gaya belajar visual dominan terlihat pada 1 mahasiswa, gaya belajar auditorial dominan terlihat pada 5 mahasiswa, dan gaya belajar kinestetik dominan terlihat pada 2 mahasiswa, serta kombinasi 3 gaya belajar terlihat pada 3 mahasiswa. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah auditorial. Penggunaan gaya belajar pada siswa berprestasi dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa berprestasi kelas XII AKL SMKN 1 Jember menggunakan kombinasi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik dengan preferensi yang berbeda-beda.Gaya belajar yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar auditorial.Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan gaya belajar adalah karakteristik mata pelajaran akuntansi, cara guru mengajar, faktor fisik, sosiologis, dan lingkungan. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik_Lela Tgl 15 Agustus 2024 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/123981 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Sri Widayanti-190210301009.pdf | 2.96 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools